welcome to my blog

Welcom To My Blog

3/28/2011

Mengamankan Sistem Operasi Komputer


Mengamankan Sistem Operasi Komputer
Sebetulnya pada artikel sebelumnya sudah pernah membahas tentang Keamanan Software Komputer walaupun hanya sekedar tips sederhana saja. Maka… kali ini kita bahas lebih mendalam tentang keamanan sistem operasi terutama terhadap gangguan orang-orang yang tidak berhak mengakses komputer anda. Dari sekian cara mengamankan sistem operasi akan kita bahas dua kelompok utama pada kesempatan ini.
  1. Amankan First Boot. Pastikan pada BIOS bahwa komputer anda hanya bisa booting dari Hard Disk Drive (HDD). Silahkan atur dalam BIOS mengenai pilihan ini. Caranya, buka BIOS lalu cari [Startup] dan buat setting priority startup pada HDD sedangkan yang lain di-disable saja (moga-moga anda sudah anda sudah download ebook Merakit PC yang saya share secara gratis karena pengaturan BIOS dijelaskan di sana)
  2. Kunci Dengan Password. Setelah setting point (1) di atas anda lakukan, sekarang kunci BIOS dengan password sehingga setiap orang yang ingin mengakses BIOS harus memasukkan password terlebih dahulu. Jika anda sudah mendownload ebook yang saya maksud di atas maka anda pasti bisa menemukan cara memasang password pada BIOS.
  3. Amankan akses ke Drive C: (caranya dijelaskan dibawah)
  4. Tutup akses masuk ke Control Panel (caranya dijelaskan dibawah)
  5. Jika anda masih merasa belum aman silahkan gunakan software-software enkripsi seperti Cryptext dan PGP.
Cara menutup akses Control Panel dan Drive C:
  1. Buka group policy >User comfigurations > Administratif Template
  2. Buka Control Panel
  3. Cari dan klik satu kali pada tulisan [Prohibit acces to the Control Panel]
  4. Klik satu kali pada tulisan [Properties] pada kolom tengah.
  5. Pilih dan klik [Enable] lalu klik [Ok] untuk menutup jendela.
  6. Buka group policy >User comfigurations > Administratif Template > WindowsComponents > Windows Explorer.
  7. Cari dan klik satu kali pada tulisan [Prevent access to drives from My Computer]
  8. Klik satu kali tulisan [Properties] pada kolom tengah.
  9. Setelah jundela Prevent access… terbuka, dibawah tab Settings pilih [Enable]
  10. Pada pilihan [Pick one of the following combinations] pilih [Restrict C drive only] dengan asumsi bahwa sistem operasi anda berada pada drive C.
  11. Klik [Ok] dan tutup jendela Group Policy untuk keluar.
Nah…kalau langkah-langkah di atas sudah anda lakukan maka sistem operasi anda lumayan aman dari gangguan orang lain. Sebenarnya masih ada beberapa tips pengamanan pada BIOS tetapi saya tidak ingin membahasnya lagi karena kelemahan BIOS adalah segala setting bisa dinetralisir dengan satu langkah saja yaitu membuka battery BIOS lalu mengeset jumper clear pada mainboard komputer. Kalau sudah begitu artinya semua tindakan pengamanan pada BIOS akan hilang. Berikut ini saya berikan tips penggunaan password pada Bios maupun pada Sistem Operasi;
  1. Gunakan password dengan minimal 8 karakter dengan cara mengkombinasi antara huruf, angka dan kalau perlu tambahkan karakter khusus.
  2. Gunakan password yang tidak mempunyai makna agar tidak mudah ditemukan. Jangan menggunakan; nama, tempat lahir, tanggal lahir, nama anggota keluarga sebagai password. Ini sangat mudah ditemukan.
  3. Gunakan password tidak bermakna tetapi mudah diingat misalnya ; *blog*spot, 1/3disku, dan lain-lain.
  4. Hindari menggunakan nama otomatis misalnya; username, admin, administrator, user dan lainnya sebagai password.
  5. Tulis dan simpanlah password anda pada tempat yang aman dari jangkauan orang lain (jika mudah diingat tidak perlu ditulis)
  6. Gantilah password anda secara periodik misalnya setiap 1 bulan ganti lagi dan seterusnya.
  7. Jika anda meminjamkan komputer kepada orang lain, jangan memberitahu password, lebih anda yang langsung membukakan komputernya.
Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat untuk anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar