welcome to my blog

Welcom To My Blog

2/06/2011

Keyboard, Bahaya dan Pembersihannya


Keyboard, Bahaya dan Pembersihannya



Hati-hati pada waktu makan sambil mengetik. Apakah itu sarapan, makan siang, snack, serpihan dan potongannya bisa
masuk ke dalam keyboard. Mari kita lihat makanan yang aman buat keyboard, bersama dengan cara membersihkannya.
Kita semua melakukannya, meskipun kita tahu bahwa itu tidak boleh. Apakah itu makan snack untuk membantu menghabiskan waktu atau makan siang sambil mengembalikan file kerja yang tidak sengaja terhapus, kita semua makan di tempat keyboard.
Pada suatu hari, keyboard terkena cipratan kopi, saus mie, dan bahkan serat yang jatuh dari pisang. Pada waktu membersihkannya, kita akan tahu bahwa mereka adalah makanan yang berbahaya pada waku dimakan sambil mengetik. Hal ini bisa dilihat dari tiga faktor, yaitu kecenderungan makanan untuk jatuh, kemungkinan makanan menempel atau masuk ke dalam keyboard, dan tingkat kesulitan dalam membersihkan. Dengan mengacu ketiga faktor tersebut, berikut adalah makanan yang bisa membahayakan keyboard.

Nasi
Makanan ini mudah dan kemungkinan masuk ke dalam keyboard, tetapi membersihkannya relatif mudah jika dibiarkan kering dulu sebelum itu dilakukan.

Pasta
Meskipun kemungkinan tidak jatuh, pasta bisa meninggalkan bekas. Jika bekas pasta ternyata bercampur dengan saus maka itu bisa menempel pada tombol, atau bahkan jatuh di antara mereka. Membersihkan mereka tidak sulit kecuali jika pasta benar-benar tidak terlihat. Jika demikian, maka pembersihan hampir tidak mungkin dilakukan.
Jika salah satu ujungnya menonjol, pegang pelan-pelan dengan telunjuk dan jempol lalu tarik perlahan-lahan. Cara ini bisa memberikan manfaat tambahan karena sekaligus mengangkat fragmen kecil yang secara tidak sengaja menempel pada pasta.

Kwaci
Tidak mungkin kita makan lebih dari 12 biji kwaci tanpa menjatuhkan satu pun potongan di bawah tombol, meskipun itu bergantung kepada cara makan yang dilakukan.
Begitu masuk ke dalam keyboard, kwaci terkenal sulit untuk dibersihkan, karena membalikkan keyboard biasanya tidak lebih dari memindahkan potongan tersebut dari dasar keyboard ke dalam rongga tombol.

Rice Krispies (dengan atau Tanpa Susu)
Rice krispies kering bisa ke manapun. Satu tiupan angin pelan dan mereka akan ada di rambut Anda, dan masuk ke daerah keyboard. Namun, menghilangkan mereka relatif mudah; tekan tombol berulang-ulang selama beberapa menit untuk menghancurkan mereka menjadi serpihan dan kemudian lakukan penyedotan. Rice Krispies basah lebih stabil tetapi lebih sulit dicabut. Meskipun Krispies basah tersebut telah mengering, mereka cenderung sulit dicabut karena menempel erat ke bagian dalam keyboard.

Jell-O
Jell-O sifatnya tidak stabil dan cepat terpisah pada waktu digerakkan. Begitu jatuh ke keyboard, Jell-O cenderung bersitahan pada keyboard dan turun di antara mereka, terutama jika Jell-O banyak mengandung air.
Membersihkan Jell-O merupakan pekerjaan yang sulit dan kotor dan kadang-kadang menyebabkan tombol tidak seperti dulu lagi. Jell-O bebas gula yang dua per tiganya mengandung air cenderung memantul daripada menempel.

Cadbury Flake
Bagi yang belum tahu, ini adalah batang coklat yang dibuat dari lapisan coklat yang sangat tipis yang dilipat-lipat beberapa kali.
Memakan flake dekat keyboard adalah hal yang sangat berbahaya. Tidak mungkin menggigit flake tanpa menyebabkan jatuhnya butiran-butiran kecil. Meskipun butiran coklat tidak mengganggu pengetikan atau menyebabkan suara keyboard yang aneh, flake tetap menjadi salah satu makanan yang berbahaya bila dekat keyboard. Flake hanya boleh dimakan pada waktu santai, di atas kertas tisu untuk menampung remahremah, atau dalam mangkok besar. Jika Anda harus makan flake dekat keyboard, yang cukup dimengerti, coba ganti dengan makanan yang kurang berbahaya.

Membersihkan Tumpahan Komputer
Sains tidak bisa menjelaskannya, tetapi minuman ringan dan kopi tidak disangkal lagi tertarik dengan keyboard komputer. Jika diletakkan berdekatan, maka cepat atau lambat mereka akan merusak keyboard. Untuk membersihkan tumpahan keyboard:
1. Cabut keyboard.
2. Jika Anda menumpahkan air, balikkan keyboard dan biarkan mengering selama paling sedikit 24 jam.
3. Jika Anda menumpahkan cairan yang lengket, coba lepaskan tombol keyboard yang kecil dengan obeng minus supaya bisa lebih leluasa. Jangan cabut tombol spasi, tombol Enter atau tombol yang besar. (Foto layout keyboard atau buatlah sketsanya sebelum mencabut tombol supaya Anda bisa memasangnya kembali dengan benar.)
4. Perlahan-lahan bersihkan keyboard dengan kain lap katun basah.
5. Pasang tombol setelah membilas mereka dan mengeringkannya.
6. Biarkan semuanya mengering paling sedikit 24 jam sebelum memasang keyboard kembali.

Membersihkan Tumpahan ke Laptop
Menumpahkan kopi ke laptop tidak hanya akan mengacaukan pagi Anda, tetapi juga bisa mengacaukan komputer Anda. Cepatlah bertindak jika ini terjadi, karena cairan hanya butuh beberapa detik untuk menghancurkan harddisk laptop Anda. Untuk melakukannya:
1. Segera matikan komputer.
2. Bersihkan setiap cairan. Miringkan laptop
untuk mengeringkan cairan.
3. Cabut komponen yang bisa dilepaskan dari laptop, termasu kawat power, kabel printer dan mouse, floppy drive, CD drive, modem, dan baterai. Jangan bongkar badan laptop untuk mencabut komponen
internal.
4. Setelah komponen dicabut, perlahanlahan angkat laptop dan balik-balikkan untuk mengeringkan cairan. Miringkan laptop ke berbagai arah untuk memastikan tidak ada cairan yang bersembunyi, tetapi hati-hati untuk tidak menggoyangkan atau menanganinya secara kasar.
5. Lakukanlah hal yang sama untuk floppy drive serta komponen lain yang dilepaskan.
6. Gunakan pengering rambut (pada level cool) untuk mengerinkan laptop dan komponennya jika memungkinkan.
7. Biarkan laptop dan komponen yang dicabut mengering selama 24 jam sebelum Anda memasang dan menyalakannya kembali. (Jika terburu-buru, biarkan laptop mengering paling sedikit satu jam sebelum Anda memasangnya).
8. Jika laptop tidak berfungsi dengan baik atau tidak mau menyala, bawa ke tempat servis meskipun kerusakan mungkin saja tidak bisa diperbaiki. Tumpahan cairan merupakan salah satu yang bisa menyebabkan laptop mati.

Tip Membersihkan keyboard
Udara kempaan adalah teman Anda – bisa untuk menghilangkan partikel kering dari keyboard. Pilihan lain, gunakan vacuum cleaner untuk mendapatkan hasil yang sama, tetapi pastikan tombol-tombol keyboard terpasang dengan baik. Tentu tidak menyenangkan jika Anda harus membuka-buka penampung kotoran/debu untuk mencari tombol yang terlepas.
Mungkin terdengar aneh, beberapa orang menggunakan mesin pencuci piring untuk membersihkan keyboard secara menyeluruh. Jika Anda membersihkan keyboard dengan mesin pencuci piring, bilas keyboard dengan air suling sebelum mengeringkannya selama paling sedikit 72 jam.
Bergantung pada air di tempat Anda, banyak mineral yang bisa menyebabkan masalah kelistrikan. Lebih baik aman daripada menyesal, terutama jika Anda mempunyai keyboard multimedia yang mahal, meskipun mampu membeli yang baru. Kunjungi link pada kotak lebih lanjut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang bagaimana cara melakukannya.
Tombol kotor bisa dihilangkan dengan pembersih layar. Matikan komputer terlebih dulu (menekan tombol berulangulang pada waktu membersihkan bisa menimbulkan hasil yang tidak diinginkan).
Masing-masing bisa dicopot dan digosok dengan air sabun hangat untuk mendapatkan hasil pembersihan yang lebih menyeluruh. Untuk lingkungan kotor atau berdebu, tidak ada salahnya untuk membeli tutup keyboard meskipun bisa mengurangi kenyamanan pada waktu mengetik.
Jika Anda menumpahkan banyak cairan, atau jika cairan lengket maka kemungkinan besar keyboard tidak akan bisa diperbaiki meskipun Anda mencobanya. Paling aman adalah meletakkan minuman sejauh mungkin dari komputer Anda. Keyboard tidak begitu mahal. Jika Anda menumpahkan banyak sekali cairan, akan lebih mudah membeli yang baru daripada membersihkannya.
Jika Anda sering bekerja dengan beberapa laptop, selalu letakkan minuman di bawah laptop. Jangan coba untuk meletakkan minuman pada meja yang sama dengan laptop. Jauhkan minuman teman dari laptop pada waktu bekerja satu meja. Itu uang Anda jadi lindungilah.

Peringatan
Jika Anda menumpahkan cairan ke keyboard, cabut dan balikkan keyboard supaya cairan keluar. Jika banyak cairan yang masuk, atau jika cairan lengket, semprot dengan air (jangan celupkan keyboard). Biarkan keyboard kering selama 72 jam. Jangan semprotkan cairan langsung ke keyboard. Jangan cabut satu tombol pun dari laptop kecuali jika manual menyediakan cara untuk melakukannya.

Membersihkan Keyboard Komputer
Tampilan yang kotor hanyalah salah satu alasan untuk membersihkan keyboard komputer. Jika debu masuk ke bawah tombol, mereka tidak bisa bekerja dengan baik. Dan cairan yang tumpah juga bisa mematikan keyboard jika tidak ditangani. Untuk melakukannya:
1. Beli perangkat yang Anda perlukan: udara kempaan (dalam botol aerosol); kain lap lembut; cairan pembersih yang cocok untuk membersihkan plastik; dan masker debu jika Anda alergi terhadap debu.
2. Baca manual Anda. Jika pabrikan menyediakan instruksi khusus, ikuti mereka.
3. Matikan komputer.
4. Cabut keyboard.
5. Gunakan udara kempaan untuk membersihkan ruang antara tombol. Semprot pada sudut tertentu untuk mengeluarkan debu dan kotoran.
6. Balik dan goyangkan keyboard perlahan-lahan untuk menjatuhkan debu dan kotoran.
7. Jika menggunakan cairan pembersih, ikuti instruksi pabrikan. Atau, semprotkan sedikit ke kain lap.
8. Bersihkan tombol dan casis keyboard.
9. Tunggu sampai keyboard kering sebelum memasangnya kembali ke komputer.
10. Pasang keyboard dan nyalakan komputer.

Membersihkan Keyboard Laptop
Cara membersihkan dan cairan yang sesuai bisa mengembalikan keyboard laptop Anda seperti baru. Ada beberapa hal yang menyebabkan tombol macet, yaitu cairan yang tumpah, penggunaan cairan yang tidak sesuai standar pabrikan, mengerasnya bantalan karet yang digunakan, dan kontaminasi oleh debu dan rambut. Untuk mengatasi masalah tersebut dan mengembalikan kondisi keyboard Anda harus menyiapkan dulu kain lap katun, karet busa pembersih kosmetik (hanya gunakan dengan nafta (cairan pemantik), jangan alkohol), tisu, alkohol, air, nafta (cairan pemantik), penjepit lancip, gunting, saringan dapur, pembersih rumah atau sejenis, semprotan Super Lube Dry Film – ini merupakan cairan PFTE (teflon) yang kering secara sempurna dan cocok digunakan di sini.

Bongkar
Penting: Buat gambar keyboard supaya Anda tahu posisi masing-masing tombol. Secara hati-hati lepaskan setiap tombol dengan obeng minus kecil dan masukkan ke dalam wadah. Mereka akan melompat. Jangan gunakan kekuatan yang berlebihan. Bisa saja ada potongan karet kecil pada setiap tombol. Lepaskan mereka semua dan masukkan ke dalam wadah terpisah. Hati-hati, mereka berukuran kecil dan cenderung sulit terlihat.


Bersihkan Keyboard
Bersihkan keyboad dengan menggunakan kain lap katun yang telah sedikit dibasahi dengan air karena jika terlalu basah maka air bisa masuk ke dalam keyboard. Ini akan membersihkan semua cairan yang dapat larut dengan air seperti Coca-Cola, kopi, dan sisa gula. Untuk tempat yang sangat sempit, potong karet busa menjadi bagian-bagian kecil dan basahi sedikit lalu gunakan penjepit untuk membersihkan.
Anda harus membersihkan setiap tombol, luar dan dalam. Ini sangat penting karena inilah tempat tombol bersentuhan dan bergerak.
Ulangi lagi langkah ini dengan menggunakan alkohol dan kain lap katun, tetapi jangan dengan menggunakan karet busa karena bisa hancur jika digunakan bersama alkohol. Terakhir ulangi dengan menggunakan nafta (cairan pemantik) dan karet busa. Ini akan menghilangkan kotoran minyak dan gemuk pada tombol berukuran lebar yang mempunyai kawat, misalnya Space Bar.

Bersihkan Tombol
Beberapa tombol mempunyai kawat yang diolesi dengan gemuk. Bersihkan dulu mereka dengan kain lap katun dan nafta (cairan pemantik). Hilangkan semua bekas gemuk. Masukkan semua tombol ke saringan. Semprot dengan pembersih rumah dan diamkan selama lima menit.
Bilas secara seksama dengan air panas dan letakkan tombol di atas tisu supaya mengering. Biarkan sampai benar-benar kering.

Bersihkan Komponen Karet
Masukkan semua komponen karet ke saringan. Tutup saringan supaya mereka tidak hilang jika meloncat. Semprot dengan pembersih rumah dan diamkan selama lima menit. Bilas secara seksama dengan air panas dan letakkan di atas
tisu. Lipat tisu dan tekan untuk mengeluarkan air dari karet. Biarkan sampai benar-benar kering.

Lumasi Tombol
Letakan semua bagian atas-bawah tombol di atas tisu. Lapisi tombol dengan cairan Super Lube Dry Film. Lakukan ini dari keempat sisi supaya bisa menjangkau tempat yang kecil. Biarkan mengering. Jangan terlalu lama melakukan langkah ini karena pelarutnya bisa memperngaruhi plastik.

Lumasi Keyboard
Tutupi laptop dengan kertas dan selotip. Semprotkan pelumas ke keyboard dan biarkan mengering. Sekarang Anda
sudah membersihkan dan melumasi tombol, keyboard, dan komponen karet.

Pasang Kembali
Masukkan semua komponen karet ke dalam keyboard. Pasang tombol yang menggunakan kawat. Pastikan kawat sudah pas di dalam tombol, biasanya dimasukkan ke suatu tempat. Masukkan ujung kawat satunya ke tempat tombol
pada waktu memasangnya. Secara perlahan- lahan tekan untuk memasukkan tombol ke dalam tempatnya. Pasang sisa tombol yang lain dengan cara yang sama. Sekarang keyboard Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar